Tari Tunggal Serta Penjelasannya Lengkap Beserta Gambar


Tari Tunggal Serta Penjelasannya Lengkap Beserta  Gambar
Tari Tunggal Serta PenjelasannyaLengkap Beserta  Gambar. Untuk sobat yang dalam kesempatan pagi ini sedang mencari tugas sekolah penjelasan tari tunggal lengkap beserta gambarnya, silahkan simak dan simpan secara lengkap melalui postingan berikut di bawah ini, artikel dibawah ini kami dapatkan melalui beberapa sumber media online yang sengaja kami pilihkan untuk sobat yang memang sedang membutuhkannya.

Kunjungi juga:
 
Pengertian Tari Tunggal
Tari tunggal merupakan salah satu jenis tarian yang ada di nusantara dan diperagakan oleh seorang penari. Nama tari tunggal sendiri sebenarnya adalah istilah yang menunjukkan jumlah penari itu sendiri. Jenis tari tunggal ini dapat dilakukan atau dibawakan oleh dua orang penari atau lebih. Contoh dari tari tunggal nusantara bisa kita ambil dari “Tari Srimpi” tari srimpi ini bisa dibawakan oleh satu orang saja yang disebut tari srimpi tunggal, dan bisa juga dibawakan oleh dua orang yang kemudian disebut dengan tari Berpasangan dan bisa juga dibawakan oleh lebih dari tiga penari maka tari tersebut bisa disebut dengan tari Berkelompok. Beriut ini adalah contoh tari tunggal nusantara beserta derah asalnya.

"topeng"
Tari Topeng Kelana
Tari Topeng Kelana diperkirakan sudah ada semenjak zaman Kerajaan Singasari dan dianggap merupakan tarian khusus yang dulunya hanya boleh dimainkan di dalam keraton. Sesuai dengan namanya, penari tarian ini pasti akan menggunakan topeng sebagai media pendukung. Karena hanya dimainkan oleh seorang penari, tari topeng kelana bisa dikategorikan sebagai contoh tari tunggal dari Jawa Barat.
"tarian"
Tari Panji Semirang
Tari Panji Semirang merupakan tari kreasi baru tradisional Babad Bali yang diciptakan oleh I Nyoman Kaler pada sekitar tahun 1942. Tarian yang merupakan salah satu contoh tari tunggal klasik ini menceritakan pengembaraan Galuh Candrakirana dalam mencari kekasihnya Raden Panji Inu Kertapati. Di kalangan mancanegara, tari panji semirang ini sudah cukup terkenal. Beberapa kali tarian ini bahkan pernah dipentaskan di festival-festival kesenian di luar negeri.

"gatot"
Tari Gatotkaca Gandrung
Tari Gatot Kaca Gandrung adalah salah satu contoh tari tunggal yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Tari ini menceritakan tentang seorang ksatria dalam cerita Ramayana –yakni Gatotkaca, yang tengah dilanda asmara. Tari ini dimainkan oleh seorang penari laki-laki yang biasanya berbadan tegap dan mengenakan kostum khas Gatotkaca.

"gambir"
Tari Gambir Anom
Adalah tari yang berasal dari Jawa Tengah dan sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram Islam ini mengisahkan tentang anak Arjuna yang tengah dimabuk cinta. Tari ini dimainkan oleh seorang pria berbusana khusus dengan gaya yang lemah lembut dan selama pementasan tarian akan diiringi musik khas Jawa yang sedikit rancak.

Tari Tunggal Serta Penjelasannya Lengkap Beserta  Gambar Contoh Gambarnya, nah itulah tadi yang dapat kami sampaikan pada pertemuan kali ini untuk mengetahui update terbaru silahkan kunjungi melalui link yang telah kami berikan diatas sekian.