Arti Logo/ Lambang Kabupaten Tanggamus Lengkap



Arti Logo/ Lambang Kabupaten Tanggamus Lampung Lengkap

Kabupaten Tanggamus memiliki  sumber daya alam yang banyak  sebagian besar dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian selain itu masih terdapat beberapa sumber daya alam lain yang sangat potensial untuk dikembangkan diantarannya seperti pertambangan emas, granit, batu pualam atau marmer dan juga nelayan. Disamping itu juga terdapat sumber air panas dan panas bumi yang dapat dikembangkan untuk pembangkit tenaga listrik alternatif.

"tanggamus"

1.Lambang daerah berbetuk perisi segi 5 meggambarkan kesanggupan masyarakat kabupten Tanggamus mempertahankan citra dan membina pembangunan  daerah yang di tinggali oleh beberapa unsur golongan masyarakat yang berdasarkan Pancasila.

2.Pada logo/lambang daerah di bagin atas bertuliskan Tanggamus berwarna merah dengan warna dasar putih

3.Pada garis tepi yang melingkari lambang daerah berwarna kuning

Lihat yang lainnya:

Makna Dan Arti Logo/Lambang

1.Pada lambang didalam bgin tas terdapat siger khas lampung pesisir adat saibtin. Siger berwarna kuning ke emasan dengan tujuh buah mahkota merupakan ciri khas pakaian adat Lampung pesisir adat saibatin.

2.Pada bagian tengah lambang daerah terdapat gunung, laut dan sebuah pulau

3.Gunung pada lambang daerah berwarna biru menggambarkan gunung tanggamus yang dijadikan sebagai nama Kabupaten, melambangkan Kabupaten Tanggamus yang potensial sebagai salah satu andalan daerah Provinsi Lampung.

4.Laut dan pulau adalah gambaran dari teluk Semangka dan Pulau Tabuan merupakan kebanggaan masyarakat dan sekaligus potensi kekayaan alam sumber pendapatan para petani, nelayan, sedangkan pulau Tabuan merupakan satu-satunya pulau yang berada di wilayah Kabupaten Tanggamus.

5.Rangkaian daun dan buah kopi juga padi pada tangkainya siwokh terhunus sebagai senjata tradisional.

6.Biji kopi yang berjumlah 21 buah berwarna merah dan terdapat 3 helai daun yang hijau menerangkan bahwa Kabupaten Tanggamus diresmikan pada tanggal 21 bulan Maret dan kopi merupakan salah satu andalan petani daerah ini.

7.Padi yang berjumlah 97 butir menggambarkan tahun terbentuknya Kabupaten Tanggamus dan merupakan tanaman pokok masyarakat daerah ini.

8.Siwokh adalah senjata tradisional khas masyarakat Lampung pasisir yang melambangkan Kabupaten tanggamus Aman, Tentram dan terkendali di bidang pertahanan dan juga keamanan.

9.Pita berwarna putih bertuliskan “Bagawi Jejama”

10.Begawi Jejama yang maknanya adalah masyarakat daerah ini mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam melaksanakan pekerjaan untuk membangun daerahnya.

Arti Warna Dasar

1.Warna merah melmbangkan tekad masyarakat untuk membangun daerahnya.

2.Warna kuning melambangkan kemuliaan dan juga kemakmuran.

3.Warna hijau melambangkan kesuburan.

Motto Kabupaten Tanggamus “TAPIS SAI TANGGOM” yang bermakna

TAPIS:

T=Tertib
A=Aman
P=Patuh
I=Iman
S=Sejahtera

SAI:

S=Sehat
A=Anggun
I=Indah

TANGGOM

T=Taqwa
A=Asri
N=Nyaman
G=Gerak
G=Gesit
O=Olah
M=Masyarakat

Demikian arti Logo/Lambang Kabupaten Tanggamus yang dapat kami sampaikan, semoga berguna dan  bermanfaat terimakasih
Sumber artikel : wikipedia