Tugas IPA Bentuk Bentuk Perkembangbiakan Secara Generatif


Tugas IPA Bentuk Bentuk Perkembangbiakan Secara Generatif
Tugas IPA Bentuk Bentuk Perkembangbiakan Secara Generatif. Di bawah ini adalah contoh tugas sekolah IPA Bentuk Bentuk Perkembangbiakan Secara Generatif yang dapat sobat gunakan untuk memenuhi tugas sekolah yang telah diberikan oleh guru selengkapnya silahkan simpan dan unduh secara lengkap berikut ini:
"Tugas IPA Bentuk Bentuk Perkembangbiakan Secara Generatif"

Kunjungi juga:

Penyerbukan
Perkembangbiakan secara generatif dilakukan oleh tumbuhan berbiji
dan terjadi melalui proses penyerbukan. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari ke atas kepala putik. Lihat gambar  Penyerbukan tidak selalu diikuti oleh pembuahan. Apabila penyerbukan diikuti oleh pembuahan, maka bakal buah akan tumbuh menjadi buah. Bakal biji akan tumbuh menjadi biji. Bagian-bagian bunga yang lain akangugur
"Tugas IPA Bentuk Bentuk Perkembangbiakan Secara Generatif"

Penyerbukan dapat terjadi melalui berbagai cara. Berdasarkan asal
serbuk sarinya, ada empat cara terjadinya penyerbukan, yaitu:
- penyerbukan sendiri terjadi jika serbuk sari berasal dari bunga itu sendiri;
- penyerbukan tetangga terjadi jika serbuk sari berasal dari bunga lain, tetapi masih dalam satu tumbuhan;
- penyerbukan silang terjadi jika serbuk sari berasal dari pohon lainyang sejenis;
- penyerbukan bastar terjadi jika serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga  lain yang sejenis, namun varietasnya berbeda. Penyerbukan dapat terjadi melalui bantuan angin, serangga, air, dan manusia.

Penyerbukan dengan bantuan serangga

Kupu-kupu, kumbang, atau lebah menghisap madu pada bunga. Apa yang terjadi? Ya, secara tidak langsung mereka membantu penyerbukan. Ketika mereka menghisap madu, serbuk sari akan menempel pada tubuhnya. Mereka mencari madu tidak hanya pada satu bunga saja. Saat mengambil madu, serbuk sari yang terbawa di badannya dapat menempel pada kepala putik bunga lain. Bunga bermahkota indah, berwarna mencolok, menghasilkan madu, dan mempunyai bau khas akan menjadi sasaran serangga dalam mencari makan. Serbuk sari pada bunga biasanya lengket sehingga mudah menempel pada tubuh serangga itu.

"Tugas IPA Bentuk Bentuk Perkembangbiakan Secara Generatif"

Penyerbukan dengan bantuan burung


Berbagai jenis burung dapat membantu penyerbukan. Dengan paruhnyayang kecil, burung akan menghisapmadu. Serbuk sari yang terbawa pada paruh dapat menempel pada kepala putik bunga lain
"Tugas IPA Bentuk Bentuk Perkembangbiakan Secara Generatif"

Penyerbukan dengan bantuan kelelawar

Binatang ini juga membantu penyerbukan. Terutama untuk pohonpohon yang bunganya mekar sore atau malam hari. Serbuk sari akan menempel pada tubuhnya. Serbuk sari itu dapat jatuh ke kepala putik bunga yang sesuai dan terjadilah penyerbukan.

Penyerbukan dengan bantuan angin


Bagaimana cara angin membantu penyerbukan? Bagaimana pula  bentuk serbuk sari yang dapat terbawa oleh angin? Tanaman yang penyerbukannya dibantu angin, biasanya memiliki ciri-ciri

     Bunga tidak mempunyai perhiasan bunga
     Kepala sari tidak melekat erat pada tangkai sari sehingga mudah berhamburan jika tertiup angin. Serbuk sarinya pun ringan dan kecil.
    Kepala putik mempunyai bentuk seperti bulu ayam atau benang. Bentuk seperti itu memudahkan bunga menangkap serbuk sari yang beterbangan.
    Tempat bunga tidak tersembunyi, sehingga penyerbukan akan mudah terjadi.

Penyerbukan dengan bantuan air 


Penyerbukan dengan cara ini hanya mungkin terjadi pada tumbuhan yang hidup di air. Penyerbukan dengan bantuan manusia Penyerbukan dengan bantuan manusia dilakukan karena tidak ada perantara yang membantu penyerbukan. Pohon salak dan vanili memerlukan bantuan manusia dalam penyerbukannya

 
Tugas IPA Bentuk Bentuk Perkembangbiakan Secara Generatif. Semoga artikel di atas dapat berguna khususnya buat sobat yang sedang membutuhkannya jumpa lagi pada artikel selanjutnya.