Contoh Pidato Singkat Hari Kesaktian Pancasila


Contoh Pidato Singkat Hari Kesaktian Pancasila
Contoh Pidato Singkat Hari KesaktianPancasila. Jumpa kembali pada postingan kali ini yaitu contoh pidato hari Kesaktian Pancasila. Contoh pidato yang kami berikan di bawah ini dapat anda gunakan atau  anda jadikan sebagai bahan referensi untuk tugas pidato dalam rangka acara  memperingati hari Kesaktian Pancasila jika anda membutuhkan. Selengkapnya silahkan simak baik baik di bawah ini:
"Contoh Pidato Singkat  Hari Kesaktian Pancasila"
Bapak dan Ibu para undangan dan hadirin yang kami hormati
Dengan rahmat taufik hidayah dan inayah Allah yang maha kuasa pada hari ini kita bersama-sama dapatberkumpul di tempat ini untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Telah kita ketahui bahwa yang melatar belakangi adanya peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah peristiwa gerakan 30 september tepatnya pada hari Kamis Tanggal 30  Bulan September Tahun 1965 PKI mulai melancarkan gerakan perubatan kekuasaan dengan nama gerakan 30 september atau kemudian dikenal dengan G/30 S/PKI.Gerakan ini mulai melancarkan aksinya dini hai tanggal 1 Oktober 1965. Enam orang perwira tinggi dan seorang perwira angkatan darat dibunuh dan atau diculik dari kediaman masing-masing. Mereka yang diculik kemudian dibunuh secara kejam oleh anggota anggota pemuda rakyat. Gerwani dan lain-lain ormas PKI yang telh menunggu di lubang buaya, sebuah desa yang terletak disebelah selatan Pangkalan Udara Utama Halim Perdana Kusuma Jakarta. Bersama-sama dengan para korban lainnya yang telah di bunuh di kediaman mereka jenasah dimasukan ke dalam sebuah lubang sumur tua di desa tersebut.

Para hadirin yang kami hormati
Selanjutnya pada tanggal 1 Oktober 1965 mayor Jendral Soeharto diangkat sebagai, panglima pemulihan keamanan dan ketertiban serta dibentuknya komando operasi keamanan dan ketertiban (Kopkamtib). Tugas pokok Kopkamtib adalah pemulihan keamanan dan ketertiban dari akibat-akibat peristiwa gerakan 30 september serta menegakan kembali kewibawaan pemerintah pada umumnya dengan jalan operasi fisik, militer dan mental. Operasi operasi penumpasan segera dilancarkan baik Jakarta maupun di desa desa. Dalam usaha penumpasan gerakan pemberontakan ini, dimana mana ABRI mendapat bantuan dari rakyat dan bekerjasama dengan organisasi organisasi masa yang seti terhadap Proklamasi 17 Agustus 1945 Pancasila dan Undang Undang dasar 1945. Gerakan 30 September yang dilancarkan oleh PKI bertujuan antara lain ingin mengganti ideologi komunis telah embawa korban yang tak ternilai dan merupakan lembaran hitam dalam sejarah Republik Indonesia.

Para hadirin yang kami hormati
Dalam kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila seperti sekarang ini, hendaklah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kekuatan kepada bangsa Indonesia dan yang telah menyelamatkan seluruh rakyat Indonesia dari ajaran dan pengaruh komunis. Kepada generasi muda khususnya, hendaknya saudara menyadari bahwa pada hari ini yang kita peringati sebagai hari Kesaktian Pancasila adalah merupakan tindakan yang sangat tepat. Sebab pada tanggal tersebut telah dibuktikan oleh sejarah bahwa untuk kesekian kalinya Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia telah lolos dari gempuran PKI yang ingin menggantikannya dengan faham komunis yang sama sekali tidak dapat diterima oleh bangsa Indonesia.

Hendaknya pengalaman sejarah ini menjadi pelajaran bagi kita, betapa ampuh dan saktinya Pancasila dalam menghadapi berbagai tantangan dan ujian serta menghadapi para lawan-lawannya. Dengan kebesaran Allah yang Maha Kuasa Pancasila masih tetaptegak sebagai dasar Negara Republik Indonesia. Kini Pancasila tetap berada ditengah kita sebagai dasar negara dan falsafah bangsa. Tidak  hanya untuk hari ini saja, tetaapi seterusnya hingga akhir masa Pancasila akan tetap jaya dipersada Indonesia tercinta. Disamping itu hendaknya kita perlu menghayati dan mengamalkan Pancasila secara konsekwen, sebagaimana Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR); No.II/MPR/1978 mengenai Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila atau dikenal dengan sebutan Eka Prasetya Pancakarsa.

Hadirin Yang Kami Hormati
Marilah kita berdo a memohon kehadirat Allah Yang Maha Kuasa agar Negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila tetap kokoh dan semoga kita dapat menjaga Pancasila agar kelestariannya sebagai falsafah bangsa dan dasar negara tetap terjamin. Demikianlah yang dapat kami sampaikan pada kesempatan yang baik ini, semoga bermanfaat bagi kita semua kurang dan lebihnya kami mohon maaf.
Wasalamuallaikm Wr.Wb.

Contoh Pidato Singkat Hari KesaktianPancasila. Sekian contoh pidato memperingati hari Kesaktian Pancasila yang dapat kami berikan. Contoh pidato yang kami berikan diatas adalah kami dapatakan melalui sumber media online yang menurut kami adalah yang terbaik semoga bermanfaat.