Donlod Prota Program Tahunan Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka Terbaru

Donlod Prota Program Tahunan Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka Terbaru 

Donlod Prota Program Tahunan Kelas 5 SD Semester 2 KurikulumMerdeka Terbaru Pada artikel berikut ini kami akan memberikan Prota (Program Semester) untuk Kelas 5 SD semester 2 yang telah kami himpun dari berbagai sumbur namun sebelum itu simak penjelasanya sebagai berikut. Program Tahunan (Prota) adalah sebuah perencanaan/program penetapan alokasi waktu selama satu tahun untuk mencapai tujuan (SK/KI dan KD) atau Capaian Pembelajaran (CP dalam Kurikulum Merdeka) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar/capaian pembelajaran yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Dalam program tahunan inilah akan ditetapkan berapa jam pelajaran dan atau pertemuan dalam satu tahun untuk mencapai kompetensi dasar/capaian pembelajaran.

Dari program tahunan (prota) tersebut kemudian dijabarkan lebih detail kedalam Prosem/Promes (Program Semester). Program Semester Ganjil dan Program Semester Genap. Program Semester menjabarkan berapa minggu/pekan dalam satu semester waktu untuk mencapai kompetensi dasar/capaian pembelajaran. Jadi kalau pada Prota akan diketahui berapa jam/pertemuan, kalau pada prosem/promes akan diketahui berapa minggu/pekan dalam mencapai kompetensi/capaian pembelajaran. Fungsi Prota  adalah sebagai acuan dalam menyusun Modul Ajar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 

Berikut ini adalah contoh Langkah-langlah menyusun prota yang wajib anda ketahui

  • Menganalisis kalender pendidikan dan menyesuaikan kebutuhan berdasarkan ciri/karakter unit satuan pendidikan Bapak/Ibu.
  • Memberikan tanda untuk hari libur, permulaan tahuan ajaran baru, pekan/minggu efektif untuk belajar, dan jam efektif belajar setiap minggu. Adapun hari libur yang perlu diberi tanda meliputi:
  • libur akhir tahun ajaran;
  • libur keagamaan;
  • libur hari besar nasional; dan
  • libur untuk hari khusus.
  • Memperhatikan minggu efektif guna menyusun alokasi waktu di setiap kompetensi dasar.
  • Menetapkan alokasi waktu yang diperlukan untuk setiap mata pelajaran, kompetensi dasar, dan pokok bahasannya di pekan efektif. Alokasi waktu yang disediakan harus sesuai dengan ruang lingkup materi, tingkat kesulitan, pentingnya materi, dan waktu untuk melakukan review pada materi tersebut.

Dan berikut di bawah ini PROTA Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka yang dapat anda unduh melalui tautan yang kami berikan. Donlod PROTA Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka Terbaru :

Donlod Juga Perangkat Ajar Kelas 5 SD Semester 2 Kurikulum Merdeka:

  • CP (Capaian Pembelajaran) Kelas 5 SD Semester 2 Unduh Disini
  • TP (Tujuan Pembelajaran) Kelas 5 SD Semester 2 Unduh Disini
  • PROTA (Program Tahunan Kelas 5 SD Semester 2 Unduh Disini
  • Promes (Program Semester) Kelas 5 SD Semester 2 Unduh Disini
  • Modul ajar Kelas 5 SD Semester 2  Kurikulum Merdeka Lihat Dan Unduh Disini
Bagi Bapak dan Ibu yang membutuhkan File AKSI NYATA lulus validasi yang telah mendapatkan SERTIFIKAT silahkan Unduh dan lihat Klik Disini

Donlod Prota Program Tahunan Kelas 5 SD Semester 2 KurikulumMerdeka Terbaru Demikianlah Postingan kali ini anda dapat mebagikan tautan link yang telah kami berikan diatas kepada  bapak dan Ibu guru hebat dan kunjungi selalu situs ini untuk mendapatkan update terbaru, sampai bertemu lagi pada postingan berikutnya Salam Bahagia