PKP Lengkap Guru SD Kelas Bawah Mapel Bahasa Indonesia
PKP Lengkap Guru SD Kelas Bawah Mapel Bahasa Indonesia. Untuk anda yang saat ini sedang bingung mengisi laporan PKP khususnya untuk GURU SD KELAS Bawah dan harus di uploud pada SIM PKB, anda saat ini sedang berada disitus yang tepat. Karena pada kesempatan ini admin akan membagikan Laporan PKP berbasis zonasi untuk Guru SD Kelas Bawah di bawah postingan, namun sebelum itu silahkan lihat ulasanya berikut ini. PKP Berbasis Zonasi adalah
kegiatan proses pembelajaran dan peningkatan kompetensi guru melalui pembinaan
guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran
yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan tujuan untuk
meningkatkan kompetensi siswa. Pelaksanaan PKP Berbasis Zonasi dilakukan secara
tatap muka dengan pola In-On-In, dimana kegiatan pembelajarannya dilakukan
sebagian secara tatap muka dan sebagian dilakukan secara mandiri.
Kunjungi juga:
GTK Belajar
A. Kegiatan In-Service
Learning
Kegiatan In-Service Learning
(In) adalah pembelajaran melalui kegiatan tatap muka antara peserta dengan Guru
Inti (GI) sebagai fasilitator. Pada kegiatan In, peserta dan fasilitator akan
melakukan pertemuan tatap muka di pusat zona atau tempat kegiatan yang telah
ditetapkan.
Selama kegiatan ini,
partisipasi dan sikap peserta selama kegiatan berlangsung dinilai oleh
fasilitator sebagai salah satu unsur penilaian kegiatan PKP Berbasis Zonasi.
Hasil yang diharapkan selama kegiatan In disesuaikan dengan materi yang
disampaikan, baik teori maupun praktik, serta tagihan yang harus dikerjakan
oleh peserta.
B. Kegiatan On-the-Job
Learning
Kegiatan On-the-Job Learning
(On) adalah kelanjutan proses pembelajaran dari kegiatan In. Pada tahap On,
peserta melakukan pendalaman materi dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan
pada saat In.
Setiap kegiatan On dilakukan
di sekolah tiap-tiap peserta selama sekitar 1 minggu atau setara dengan 10 jam
pelajaran, dengan asumsi 2JP/hari. Hasil yang diharapkan selama kegiatan On
disesuaikan dengan praktik yang harus dilakukan peserta, serta tagihan yang
harus dikerjakan selama kegiatan On.
C. Tujuan Program PKP Berbasis
Zonasi:
Secara umum tujuan PKP
Berbasis Zonasi adalah meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru
dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang
berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking
Skills/H*TS).
Manfaat Program PKP Berbasis
Zonasi:
1.Membiasakan guru untuk
membuat pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat
tinggi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaiannya
2. Membiasakan siswa untuk
berpikir tingkat tinggi sehingga dapat meningkatkan kompetensinya
3.Memberikan acuan kepada
kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik
4. Memberikan acuan kepada
pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.
Tujuan PKP Berbasis Zonasi
adalah sebagai berikut:
1.Mewujudkan pemerataan
pendidikan yang berkualitas dan berkeadilan.
2.Meningkatkan efisiensi dan
efektifitas peningkatan kompetensi pembelajaran, di mana kegiatan dilakukan
secara terintegrasi dalam satu area wilayah dengan mempertimbangkan jarak,
akses, dan volume guru yang ikut serta.
3.Memudahkan dalam melakukan
pemetaan kompetensi, kinerja, serta aktivitas guru.
4.Memudahkan dalam melakukan
pembinaan terhadap program peningkatan kompetensi guru sesuai dengan hasil
pemetaan yang dilakukan.
5.Memudahkan dalam melakukan
supervisi dan koordinasi peningkatan kompetensi pembelajaran.
D. Tagihan Peserta PKP
Berbasis Zonasi
Program PKP merupakan bagian
dari program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang diamanatkan oleh
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun
2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Berikut ini beberapa
tagihan peserta PKP Berbasis Zonasi
PKP Lengkap Guru SD Kelas Bawah Mapel Bahasa Indonesia
1. Tagihan IN-2
1.1 LK-3 : Format Desain
Pembelajaran berdasarkan Model Pembelajaran
1.2 LK-4 : Penilaian
Berorientasi H*TS
2. Tagihan ON-1
2.1 LK 5 : Pengembangan RPP
(unit ke-1)
2.2 LK 3 : Format Desain
pembelajaran berdasarkan Model (unit ke-2)
2.3 LK 4 : Penilaian
berorientasi H*TS (unit ke-2)
2.4 Jurnal Belajar OJL ke-1
(On-1)
3. Tagihan IN-3
3.1 LK-6: Reviu RPP
3.2 LK-4d: Telaah Soal
4. Tagihan ON-2
4.1 Lembar pengamatan praktik
mengajar
4.2 LK-7 : Jurnal praktek
mengajar (unit ke-1)
4.3 LK 5 : Pengembangan RPP
(unit ke-2)
4.4 Jurnal Belajar OJL ke-2
(On-2)
5. Tagihan IN-4
5.1 LK-8: Catatan refleksi
praktik pembelajaran unit ke-1
5.2 LK-6: Reviu RPP
5.3 LK-4d: Telaah Soal
6. Tagihan ON-3
6.1 Lembar Pengamatan
6.2 LK-7 :Jurnal praktek
mengajar (unit ke-2)
6.3 Jurnal Belajar OJL ke-3
(On-3)
7. Tagihan IN-5
7.1 Laporan Best Practice
7.2 Format Monitoring dan
Penilaian Hasil Belajar/Tagihan
Silahkan unduh semua file diatas melalui tautan ini ( DOWNLOAD DAN KLIK DISINI )
E-portofolio adalah sekumpulan
berkas pribadi yang merupakan dokumentasi sebagai bukti pencapaian hasil atas
proses kegiatan pembelajaran Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
(PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis Zonasi. Dalam
hal ini e-portofolio merupakan kumpulan dokumen peserta pada kegiatan PKB
melalui PKP berbasis Zonasi yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan
proses belajar sesuai dengan target kompetensi yang telah ditetapkan. Dokumen
yang terkumpul kemudian dapat diberi komentar oleh guru inti dan dilakukan
proses perbaikan (jika diperlukan), sehingga pada akhirnya dapat digunakan
sebagai refleksi pribadi. E-portofolio dapat berbentuk
tugas yang dikerjakan selama proses pembelajaran yang dibuat peserta dan wajib
diunggah di kelas sistem pendampingan PKB melalui PKP berbasis Zonasi.
Di akhir pembelajaran program
ini, peserta akan mencapai kompetensi yang diharapkan. Sebagai bukti peserta
mencapai kompetensi tersebut, dan telah melaksanakan kegiatan yang ditugaskan
dalam program ini, maka peserta harus memenuhi beberapa tagihan sesuai yang
dipersyaratkan. Tagihan-tagihan tersebut hanya dapat dihasilkan jika peserta
benar-benar mengimplementasikan pembelajaran. Semua kegiatan dalam Pembelajaran
modul ini akan dibuktikan melalui beberapa tagihan yang dituangkan dalam bentuk
Lembar Kerja (LK) dan non-LK yang akan diunggah ke dalam e-portofolio ini.
Berikut adalah petunjuk bagi
peserta untuk mengunggah tagihan:
Petunjuk bagi Peserta:
1.Silakan klik tombol (Start
Contribution) yang terdapat di bagian bawah laman.
2.Pada laman yang tampil
silakan Saudara unggah tagihan yang telah diselesaikan sesuai urutan pada
daftar tagihan (T able of Contents) yang ada pada bagian kanan atas laman
browser Saudara. Kemudian klik tombol "Add Contribution":
PKP Lengkap Guru SD Kelas Bawah Mapel Bahasa Indonesia . Demikianlah yang dapat kami hadirkan pada kesempatan kali ini semoga dapat bermanfaat khususnya bagi Bapak/Ibu yang saat ini sedang membutuhkan selalu kunjungi situs ini untuk mendapatkan update informasi terbaru lainnya.